Lewati ke konten utama

Ketahui Hal-Hal Seputar Dak Beton dan Cara Pembuatannya

Dalam sebuah proyek pembangunan, pasti ada berbagai istilah untuk proses atau bagian-bagian bangunan itu sendiri. Salah satunya yang harus Anda ketahui adalah dak beton, yang merupakan komponen konstruksi bangunan untuk panel lantai yang dibuat dari cor beton.

Apa itu Dak Beton?

Dak beton adalah bagian konstruksi bangunan yang punya fungsi utama, untuk memperkuat konstruksi dari berbagai sisi. Dak beton ini dijadikan sebagai pembatas antara lantai bawah dengan lantai yang ada di atasnya, untuk rumah bertingkat. 

Selain itu dak juga difungsikan sebagai konstruksi yang ada di bagian paling atas. Selain dari material beton, dak juga banyak dibuat dari material kayu dan tanah liat. Dak beton tidak boleh sembarangan dibuat, terutama bagi Anda yang ingin menambah lantai rumah di atas agar daya tahan bangunan lebih aman. 

Kelebihan dan Kekurangan Dak Beton

Ketika Anda berencana untuk membuat cor dak beton pada bagian atap rumah terutama yang ingin membuat rumah bertingkat, terlebih dahulu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan dak beton. 

Kelebihan

  • Daya tahan kuat, dak beton dikenal punya daya tahan yang kuat dan tidak mudah rusak serta mampu menghadapi berbagai jenis cuaca baik panas maupun hujan. Maka tidak heran, jika dak beton bisa tahan sampai berpuluh tahun.
  • Mampu meredam panas, penggunaan bedak beton pada konstruksi bangunan juga punya fungsi untuk meredam panas matahari. Alasannya karena dari material beton punya ketebalan tertentu sehingga membuat suhu di dalam ruangan terasa sejuk.
  • Perawatan mudah, dak beton merupakan material yang mudah dibersihkan hanya dengan sapu atau jika terkena noda, maka bisa memanfaatkan air. Biaya perawatannya juga lebih murah dibanding jenis dak lainnya.
  • Tidak mudah terbakar, berbeda dengan dak dari kayu material beton yang digunakan pada pembuatan dak jauh lebih aman karena tidak mudah terbakar.

Kekurangan

  • Proses pembuatan rumit, dak beton terbilang cukup rumit untuk proses pemasangannya butuh ahli konstruksi dengan bantuan mesin khusus.
  • Kelembaban ruangan lebih tinggi, penggunaan dak beton meskipun bisa menghalau panas matahari namun bisa membuat ruangan menjadi lebih lembab. Ruangan yang lembab, tentu saja lebih sulit dibersihkan apalagi untuk jenis ruangan sempit.
  • Mudah alami kebocoran, penggunaan dak beton ternyata lebih mudah mengalami kebocoran jika pengaplikasian dak tidak sempurna. 
  • Sulit dibongkar, jika ingin merenovasi rumah maka Anda akan lebih kesulitan untuk membongkar dak beton. Proses penghancuran beton biasanya membutuhkan waktu yang lama. 

Cara dan Tips Membuat Dak Beton

Pembuatan dak beton ringan tentu saja harus melalui tahapan yang benar, agar beton yang dihasilkan bisa berkualitas. Berikut beberapa tahapannya 

  1. Lakukan Kalkulasi

Anda sebaiknya melakukan kalkulasi dimensi lantai untuk mengetahui jumlah material yang akan dipakai, peralatan yang digunakan dan waktu yang diperlukan. Kalkulasi juga penting untuk mengetahui berapa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dan biaya yang akan dihabiskan.

  1. Menghitung Jumlah Besi Tulangan

Masuk ke tahap kedua yaitu menghitung jumlah besi tulangan. Anda bisa menghitung berdasarkan ukuran ruangan, agar besi tulangan yang dipakai tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. Penggunaan besi berlebihan bisa menambah bobot struktur dan membuat budget bangunan jadi boros.

  1. Sesuaikan Ketebalan

Membuat dak beton juga wajib sesuai untuk menahan beban dan gaya tekan. Setidaknya untuk dak beton yang ketebalannya sesuai adalah 12 cm.

Sementara untuk kualitas dak disesuaikan dengan kebutuhan struktur. Misalnya Anda berencana untuk meletakkan benda-benda berat di sudut tertentu bagian rumah, maka pertimbangkan kebutuhan struktur untuk bisa menopang benda yang berat.

  1. Proses Pengadukan

Masuk ke proses pengadukan, di mana pada bagian ini harus dilakukan secara sempurna. Beton harus benar-benar merata, dak tidak boleh terlalu cair dan tidak terlalu padat serta butiran tidak boleh terpisah agar tidak mempengaruhi kualitas dak. 

Pada proses pengadukan sebaiknya siram air pada dak untuk menghindari pengerasan sebelum waktunya. Selain menyiram air, Anda juga harus meletakkan kain basah di atas permukaan agar dak tidak terlalu cepat mengeras. 

Itu tadi kelebihan dan kekurangan dari dak beton dan juga cara pembuatan dak beton yang tepat untuk kualitas dak beton terbaik. Jika Anda tidak ingin pusing membuat dak beton secara manual, Anda bisa memanfaatkan produk-produk bahan bangunan dari SCGCBM.ID. 

SCG CBM Indonesia menawarkan produk untuk proses pengecoran dak beton instan dan juga material bangunan lainnya. Seperti semen SCG, bata ringan, mortar, beton ready mix dan masih banyak lagi. Info lebih lengkap bisa langsung mengunjungi website resmi SCG CBM Indonesia. 

Sumber : 

https://www.dekoruma.com/artikel/68282/apa-itu-dak-beton

https://bosspanel.co.id/dak-beton-ringan-untuk-rumah-bertingkat/

https://www.rumah.com/panduan-properti/dak-beton-29981

Bagikan:

Belum ada komentar!

Alamat email anda tidak akan diterbitkan.