Manfaat Reinforced Concrete Pipe Untuk Sistem Gorong-Gorong Lewati ke konten utama

Manfaat Reinforced Concrete Pipe Untuk Sistem Gorong-Gorong

“Reinforced Concrete Pipe memiliki manfaat yang cukup besar, seperti menjadi saluran pembuangan atau drainase yang mampu menyalurkan air dalam jumlah yang cukup besar.”

Pembangunan gorong-gorong adalah salah satu proyek dalam konstruksi yang sering dikerjakan. Apalagi menjelang musim penghujan, maka pengerjaan gorong-gorong dan perbaikannya lebih gencar dilakukan.

Jenis konstruksi ini merupakan bangunan yang dipakai untuk membawa aliran air baik untuk kepentingan irigasi maupun saluran pembuangan. Proyek ini melibatkan jenis pipa tertentu, Reinforced Concrete Pipe adalah salah satu yang paling banyak digunakan, merupakan beton precast yang biasa dipasang di bawah jalan, atau jalan kereta api.

Selain sebagai irigasi maupun saluran pembuangan, gorong-gorong ini juga bisa berfungsi sebagai saluran drainase atau selokan di jalan, khususnya di kota-kota besar untuk mengatasi masalah banjir.

Reinforced Concrete Pipe memiliki manfaat yang cukup besar, seperti menjadi saluran pembuangan atau drainase yang mampu menyalurkan air dalam jumlah yang cukup besar.

Pada umumnya, manfaat Reinforced Concrete Pipe untuk gorong-gorong bisa meliputi dua fungsi, yakni:

  1. Sistem drainase mayor

Sistem drainase yang berskala besar dan luas. Sistem ini disebut juga drainase primer. Maka dari itu, tidak heran jika pembuatan Reinforced Concrete Pipe juga menggunakan perhitunagn khusus dan juga dari bahan  yang terbaik sesuai standart. Saluran drainase ini bisa meliputi saluran pada kanal-kanal maupun sungai.

  1. Sistem drainase mikro

Sistem drainase atau gorong-gorong yang satu ini merupakan sistem saluran yang bisa ditemui di pinggir-pinggir jaan, selokan dimana debit air yang ada tidak terlalu besar. Sistem ini juga digunakan di permukiman dan lingkungan tertentu yang butuh penyaluran air hujan agar tidak terjadi banjir atau air menggenang terlalu lama.

Keistimewaan dari Reinforced Concrete Pipe ini ialah kemampuannya dalam menahan beban berat untuk segala penempatan yang mampu bertahan hingga waktu yang lama. Aplikasi dari jenis saluran ini sangat berperan besar dalam sistem drainase karena akan selalu ada tekanan tanah dan juga tekanan yang dilalui pipa saluran bertulang. Tekanan tersebut cuup berat hingga jenis Reinforced Concrete Pipe banyak dipakai dalam konstruksi gorong-gorong.

Sumber : https://solusikonstruksi.com/saluran-gorong-gorong-dengan-reinforced-concrete-pipe/

Bagikan:

Belum ada komentar!

Alamat email anda tidak akan diterbitkan.