Lewati ke konten utama
ukuran jendela di rumah

Berapa Sih Ukuran Ideal Untuk Jendela di Rumah?

Jendela adalah bagian rumah yang memiliki banyak fungsi, seperti sebagai jalur keluar-masuk udara di dalam rumah, jalur masuknya cahaya saat siang hari, dan tentunya sebagai bagian untuk mempercantik tampilan rumah. 

Ketika rumah tidak dilengkapi dengan jendela atau ukuran jendela yang terlalu kecil, sehingga sirkulasi udara tidak bisa mengalir lancar, maka dampaknya akan membuat ruangan terasa lembap. Hal ini tentunya tidak akan baik bagi kesehatan Anda dan penghuni rumah lainnya.

Baca juga: Tips Mencegah Plafon Menghitam Akibat Jamur

Menentukan Ukuran Jendela Rumah

Namun, berapa sih ukuran jendela yang standar? Lalu, apakah ukuran jendela di setiap ruangan sama atau berbeda? Berikut ini pembahasannya.

Ukuran jendela ruang tamu

ukuran jendela di ruang tamu
Photo by Hayffield L on Unsplash

Ruang tamu pada umumnya berada di depan, artinya jendela ini akan bersisian langsung dengan area luar, misalnya bagian teras. Ukuran standar untuk jendela ruang tamu ada 3 pilihan, yaitu:

  • 100 cm X 80 cm
  • 120 cm X 80 cm
  • 180 cm X 80 cm

Melihat dari ukuran standar di atas, artinya yang membedakan adalah ukuran panjang (dari atas ke bawah) jendela. Mengenai penentuan ukuran panjangnya sendiri, Anda bisa menyesuaikan dengan ketinggian rumah, yaitu jarak dari permukaan lantai ke plafon. Untuk jarak ideal dari lantai adalah sekitar 172 hingga 182 cm.

Ukuran jendela kamar

ukuran jendela di kamar tidur
Photo by Leo_Visions on Unsplash

Ukuran jendela kamar umumnya lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran jendela ruang tamu. Untuk ukuran lebarnya sendiri, Anda bisa memilih dalam rentang 40 hingga 50 cm. Sementara untuk ukuran panjang ke bawah atau bisa juga disebut tinggi, Anda bisa memilih ukuran dalam rentang 90 hingga 100 cm. Sementara untuk ukuran jarak antara lantai dengan jendela adalah sekitar 114 hingga 121 cm.

Namun, kamar umumnya memiliki perabotan yang lebih banyak dibandingkan dengan ruang tamu. Jadi, Anda juga harus mempertimbangkan hal tersebut saat menentukan ukuran jendela kamar.

Ukuran jendela dapur

ukuran jendela di dapur
Photo by Becca Tapert on Unsplash

Dapur juga salah satu area penting yang harus memiliki jendela. Sebab, di sini area yang berpotensi penuh dengan asap hasil memasak. Tanpa adanya jendela yang sesuai maka asap hanya akan berkumpul di dalam ruangan dan pastinya membuat tidak nyaman. Ukuran jendela standar untuk dapur adalah 50 cm X 70 cm. Sementara untuk jarak antara lantai dengan jendela disarankan 70 hingga 90 cm.

Namun, untuk dapur sendiri fungsi jendela untuk mengeluarkan asap tidak akan terlalu efektif jika penempatannya kurang pas. Misalnya tidak adanya area untuk asap keluar karena berhimpitan dengan bangunan lainnya. Untuk kondisi tertentu yang menyebabkan asap sulit mengalir keluar secara alami, Anda bisa memanfaatkan exhaust fan.

Ukuran jendela kamar mandi

ukuran jendela di kamar mandi
Photo by Obi – @pixel8propix on Unsplash

Pada dasarnya, jendela di kamar mandi bukan suatu hal yang lumrah di Indonesia. Sebab, jendela adalah area privat, sehingga kehadiran jendela justru membuat orang menjadi kurang nyaman. Meskipun begitu, jika Anda berencana untuk memasang jendela pada kamar mandi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Baca juga: 10 Ide Jendela Kamar Mandi yang Membuatnya Makin Estetik

Pertama, pastikan posisi jendela cukup tinggi, sehingga tidak memungkinkan adanya orang yang mengintip ke arah dalam dari luar. Ukuran standar jarak antara jendela dengan lantai adalah 120 cm, sebaiknya tidak kurang dari itu tetapi jika lebih tinggi lagi akan lebih baik. 

Kedua, ada baiknya memasang pelapis kaca untuk membuat kaca jendela menjadi cermin dua arah. Jadi, ketika ada yang mengintip mereka hanya melihat bayangan mereka sendiri. Ketiga, buatlah jendela dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Cukup untuk udara dan cahaya masuk ke dalam kamar mandi saja. Mengenai ukuran jendelanya sendiri, cukup dengan jendela berukuran 30 cm X 30 cm.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menentukan Ukuran Jendela

ukuran jendela di rumah
Photo by Rob Wingate on Unsplash

Nah, untuk menentukan ukuran jendela yang ideal juga bisa didasarkan pada beberapa hal berikut ini:

  • Fungsi ruangan. Ruang tamu menggunakan jendela yang berukuran paling besar agar dapat memaksimalkan sirkulasi udara dan cahaya yang masuk.
  • Proporsi ruangan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ukuran jendela harus tetap mengikuti ukuran dasar ruangan.¬†
  • Desain bangunan. Untuk mendukung penampilan rumah, pastinya baik ukuran maupun model jendela harus disesuaikan dengan konsep desain yang menjadi inspirasi¬† rumah Anda.
  • Teralis jendela. Jika Anda tidak berencana menggunakan teralis, maka atur lebar jendela agar tidak dapat dimasuki oleh tubuh orang dewasa.

Namun, berbagai ukuran di atas hanyalah ukuran standar jendela saja. Artinya, Anda bisa membuat ukuran baru sesuai dengan luas rumah Anda. Semakin luas rumah, mungkin saja kebutuhan ukuran jendela juga semakin besar. Jadi, jika tidak memungkinkan untuk menggunakan ukuran di atas, jangan terlalu kecewa ya.

Bagi Anda yang masih ingin mencari tahu berbagai informasi menarik lainnya seputar rumah, bisa mengunjungi halaman inspirasi pada website SCG CBM.

Bagikan: