Lewati ke konten utama
Toren Air

Toren Air 1000 Liter, Apakah Cukup Untuk Kebutuhan di Rumah?

Air termasuk kebutuhan primer bagi seluruh makhluk hidup. Tidak hanya untuk kebutuhan minum dan memasak saja, air juga digunakan untuk berbagai kebutuhan lain seperti mencuci dan mandi. Itulah mengapa memastikan ketersediaan air di rumah selalu siap sangatlah penting, salah satunya dengan menggunakan toren air 1000 liter maupun toren dengan kapasitas lainnya sesuai kebutuhan.

Kebutuhan Air Berdasarkan Tipe Bangunan

Meskipun penggunaan air pada dasarnya sama, tetapi kebutuhan setiap hunian tentu berbeda. Berikut ini adalah kebutuhan pemakaian air berdasarkan peruntukan bangunannya yang dirilis oleh Ditjen Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum, yaitu:

  • Rumah biasa: 150 liter/penghuni/hari
  • Rumah mewah: 250 liter/penghuni/ hari

Data tersebut mungkin tidak 100% sesuai dengan kebutuhan aktualnya. Namun, bisa dijadikan dasar saat Anda menentukan kapasitas toren air yang akan dipasang di hunian. Apakah toren air 1000 Liter cukup ataukah membutuhkan toren air dengan kapasitas yang lebih besar lagi?

Rumus Menghitung Kapasitas Toren Air

Dalam menentukan kapasitas toren air yang dibutuhkan, pertama-tama Anda harus mengetahui masuk ke kategori apakah hunian Anda? Apakah termasuk rumah biasa ataukah rumah mewah? Setelah itu, baru Anda bisa menerapkannya ke dalam rumus berikut ini:

Kebutuhan air = Kebutuhan pemakaian X Jumlah pengguna di rumah

Misalkan rumah Anda termasuk kategori rumah biasa dengan 4 orang penghuni di rumah. Artinya, kebutuhan air di rumah Anda adalah 600 liter dari hasil 150 liter x 4 orang penghuni. Namun, jika rumah Anda termasuk kategori rumah mewah, maka kebutuhan air harian di rumah adalah 1000 liter, yaitu hasil dari 250 liter x 4 orang penghuni.

Rumus ini juga berlaku jika Anda ingin menghitung kebutuhan air di tempat usaha Anda, seperti ruko, kios, atau bangunan usaha lainnya. Cukup mengetahui kebutuhan pemakaian air harian sesuai dengan bangunan usaha Anda kemudian dikalikan dengan jumlah pegawai pada usaha Anda.

Setelah mengetahui kebutuhan air harian, langkah selanjutnya adalah menentukan kapasitas toren air yang Anda butuhkan. Jika penghuni rumah Anda adalah 4 orang, baik rumah biasa maupun rumah mewah kapasitas toren air 1000 liter sudah pasti cukup memenuhi kebutuhan air Anda.

Namun, untuk rumah biasa artinya ada kelebihan 400 liter per harinya karena kebutuhan harian hanya 600 liter. Maka, sebagai alternatifnya adalah menggunakan toren air dengan kapasitas yang lebih rendah. Jika tidak ada toren air yang pas 600 liter, Anda bisa memilih toren air dengan kapasitas di atas 600 liter yang tersedia.

Pentingnya Menghitung Kapasitas Toren Air

Sebenarnya, menggunakan toren air dengan kapasitas di atas kebutuhan air harian tidak masalah. Misalnya menggunakan toren air 1000 liter untuk kebutuhan 500 liter per hari. Namun, semakin besar kapasitas air maka beban yang harus ditanggung oleh konstruksi penopang toren akan semakin besar. 

Jika Anda meletakkan toren air pada atap rumah, artinya konstruksi atap rumah juga harus dipastikan kuat menopang toren saat dalam kondisi penuh. Tidak hanya berkaitan dengan konstruksi saja, menggunakan toren air dengan kapasitas melebihi kebutuhan memungkinkan cadangan air tidak bersirkulasi dengan baik. Padahal, air toren yang tidak bersirkulasi atau lama diam di dalam toren dapat menyebabkan timbulnya lumut dan alga. Apalagi, jika toren juga jarang dibersihkan, maka risiko air terkontaminasi akan semakin besar. Itulah mengapa, memastikan kapasitas toren sesuai kebutuhan air sangatlah penting.

Hal penting lainnya yaitu, pastikan toren berada di lokasi yang mudah terjangkau agar bisa dibersihkan. Hal ini terkadang sering luput dari perhatian dan menjadi kesalahan umum dalam mendesain rumah. Terkadang, penghuni rumah hanya fokus pada keindahan dan berusaha meletakkan toren di area tertentu yang agak tersembunyi dan akhirnya merasa kesulitan saat waktunya membersihkan toren. Jadi, pastikan Anda memerhatikan hal ini saat menentukan lokasi pemasangan toren, ya!

Jika Anda ingin mengetahui berbagai informasi lain seputar desain arsitektur, bangunan, material bangunan, atau mencari beragam inspirasi untuk mempercantik hunian Anda, bisa mengunjungi halaman inspirasi.

Bagikan: