Lewati ke konten utama

Introduction to Artificial Intelligence: Kiat Mudah Aplikasi AI dalam Pekerjaan dan Praktik Bisnis

Pada hari Rabu 5 Juli 2023, SCG Indonesia mengadakan webinar internal terkait dengan pengenalan Artificial Intelligence (AI) Secara daring. Pada sesi ini dijelaskan secara jelas terkait definisi, perkembangan, dan aplikasi Kecerdasan Buatan atau AI yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilakukan oleh SCG people. Pemateri dari acara ini yaitu Bapak Gurun Nevada Dharan, AVP Product Startup Logistic.

Beberapa contoh praktik penerapan kecerdasan buatan (AI) yang dapat dilakukan didalam perusahaan SCG antara lain sebagai berikut:

  1. Layanan Pelanggan:
    • Penggunaan chatbot untuk berinteraksi dengan pelanggan.
    • Segmentasi pelanggan untuk mengidentifikasi kelompok target.
    • KYC (Know Your Customer): Verifikasi identitas pelanggan.
    • Analisis perilaku dan sentimen untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan.
  1. Pemasaran dan Penjualan:
    • Rekomendasi produk berdasarkan preferensi dan riwayat pembelian pelanggan.
    • Targeting perilaku pelanggan untuk mengoptimalkan kampanye pemasaran.
    • Automasi referral untuk meningkatkan pengembalian pelanggan.
    • Personalisasi konten untuk menyampaikan pesan yang relevan kepada pelanggan.
    • Penilaian prospek (lead scoring) untuk mengidentifikasi peluang penjualan yang potensial.
  1. Manufaktur dan Rantai Pasokan:
    • Prediksi permintaan untuk mengoptimalkan perencanaan produksi.
    • Penggunaan robot kolaboratif untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan di pabrik
    • Asisten pemeriksa kualitas untuk mendeteksi cacat produk secara otomatis.
    • Optimisasi rute dan jadwal transportasi untuk mengurangi waktu dan biaya pengiriman.
  1. Keuangan, Hukum, dan Sumber Daya Manusia:
    • Perhitungan kredit untuk menentukan kelayakan kredit pelanggan.
    • Automasi tinjauan kontrak untuk mempercepat proses hukum.
    • Deteksi anomali transaksi untuk mencegah kegiatan yang mencurigakan.
    • Deteksi penipuan untuk melindungi dari kegiatan penipuan.
    • Retensi karyawan untuk memprediksi risiko pengunduran diri dan mengambil langkah yang tepat untuk mempertahankan karyawan.

Setelah mengikuti acara ini diharapkan SCG CBM sebagai organisasi yang beroperasi di berbagai bidang seperti manufaktur dan distribusi material bangunan dapat menerapkan AI dalam pekerjaan. Hal ini tentu dapat memberikan berbagai manfaat termasuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, pengurangan biaya, peningkatan kepuasan pelanggan, dan kualitas pekerjaan. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan AI juga memerlukan pemahaman yang baik, pengelolaan data yang baik, dan perhatian terhadap etika dan keamanan dalam penggunaannya.

SCG CBM terus berkomitmen untuk dapat melakukan bisnis secara berkesinmbungan (sustainable), dengan terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah dengan memberikan pengetahuan terkait dengan isu bisnis saat ini. SCG, perusahaan terkemuka di ASEAN, memiliki komitmen ESG 4 Plus (Environment, social, governance, dan net-zero) yang menjadi kerangka kerja seluruh operasi bisnis perusahaan guna menciptakan dampak positif dan berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat.

Bagikan: