Lewati ke konten utama

3 Tips agar Dinding Industrial Semen Ekspos Tetap Mulus dan Tahan Lama!

Popularitas konsep industrial makin lama makin meningkat. Kini, Anda bisa menemukan pengaplikasian konsep ini di berbagai jenis bangunan seperti kafe, restoran, hotel, hingga area perkantoran. Tentunya, penerapan konsep industrial di tempat-tempat tersebut bisa dijadikan sebagai inspirasi rumah Anda. Salah satu elemen dalam konsep industrial adalah teknik finishing dinding industrial dengan mengekspos permukaan semen tanpa ditutupi cat, wallpaper, atau elemen lain. Kesederhanaan memang menjadi ciri utama dalam konsep industrial.
Meskipun sederhana, dinding dengan teknik finishing semen ekspos ternyata membutuhkan perawatan ekstra agar penampilannya tetap menarik. Cek di bawah ini ya!
Basahi bata sebelum mengaplikasikan plesteran

Proses pengerjaan finishing semen ekspos perlu diperhatikan sejak sebelum tahapan plesteran. Batu bata yang sudah tersusun rapi perlu dibasahi terlebih dahulu sebelum campuran plesteran diaplikasikan. Hal ini penting karena batu bata bersifat menyerap air. Jika tidak dibasahi terlebih dahulu, batu bata bisa saja menyerap air dari campuran plesteran yang akan menyebabkan retak rambut pada dinding. Untuk menghindari hal tersebut, penggunaan bata ringan sangat disarankan karena memiliki daya serap air yang rendah. Anda bisa menggunakan bata ringan SCG Smartblock yang menawarkan berbagai keunggulan seperti ukuran yang presisi dan kekuatan yang lebih tinggi untuk menghasilkan dinding yang lebih kokoh.

Berikan coating transparan
Selain penggunaan bata ringan SCG Smartblock untuk membangun dinding yang kokoh, Anda bisa menambahkan coating transparan sebagai bentuk perlindungan tambahan dinding industrial semen ekspos Anda. Penggunaan coating transparan bisa membantu Anda menjaga dinding semen ekspos dari debu dan kotoran lainnya. Dengan begitu, dinding semen ekspos Anda akan tetap terlihat mulus dan bersih.

Gunakan bor saat ingin memasang pajangan

Memasang pajangan di dinding adalah hal yang umum dilakukan orang-orang untuk menghias rumahnya dengan memajang foto, buku, memorabilia hingga pernak-pernik lainnya sesuai dengan tips inspirasi rumah yang bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber. Untuk memasang pajangan tersebut, Anda tentunya harus menggunakan paku atau baut agar pajangan bisa menempel di dinding. Penggunaan bor untuk membuat lubang sebagai tempat menanam paku atau baut sangatlah disarankan agar tembok tidak rusak. Penggunaan palu dan paku untuk melubangi dinding bisa dengan mudah membuat dinding di sekitar lubang paku menjadi rusak dan mengganggu keindahan dinding Anda.

Sekian tips inspirasi rumah untuk merawat dinding semen ekspos di rumah Anda agar tetap terawat, bersih, dan tahan lama. Jangan lupa untuk menggunakan Semen SCG agar dinding makin indah dan tahan lama.
Bagaimana Sahabat SCG, makin tertarik dengan dinding industrial semen ekspos? Mau mulai tapi bingung dimana bisa mendapatkan informasi seputar bahan bangunan yang berkualitas? Langsung saja klik https://scgcbm.id/produk!

Bagikan: