Lewati ke konten utama

Solusi Percepatan Infrastruktur Dengan Beton Precast

“Teknologi precast juga memiliki beberapa keunggulan utama yaitu lebih terjamin kecepatan dan kontinuitas proses produksi beton.”

Dalam konstruksi, beton adalah sebuah bahan bangunan komposit yang terbuat dari kombinasi aggregat dan pengikat semen. Bentuk paling umum dari beton adalahbeton semen Portland, yang terdiri dari agregat mineral (biasanya kerikil dan pasir), semen dan air. Saat ini, muncul salah satu teknologi beton yaitu beton pracetak.

Beton Pracetak/Precast Beton adalah beton yang dibuat dicetakan dengan ukuran yang sudah ditentukan atau disesuaikan dengan aplikasi kerja sehingga bisa menghemat biaya dan efisien waktu.  Untuk precast beton atau disebut beton pracetak proses pembuatanya dengan menggunakan cetakan sesuai bentuk yang di inginkan, pertama yang disiapkan untuk mencetak beton precast adalah cetakan yang sesuai ukuran dan bentuk yang diinginankan dengan menggunakan cetakan.

Setelah bahan tadi jadi dituangkan maka di tengahnya biberi besi tulangan kemudian ditutup kembali dengan adukan semen sesuai ukuran, untuk menghasilkan cetakan yang cepat kering maka diberi bahan pengering. Setelah itu akan menghasilkan yang disebut Precast Beton . Keunggulan Menggunakan Precast Beton:

  1. Memudahkan pekerjaan struktur maupun finishing
  2. Menghemat biaya pekerjaan bangunan sampai dengan 30 % di banding dengan cara konvensional / manual karena tidak ada pekerjaan ulang
  3. Beton precast sebelum bangunan didirikan sudah bisa dilihat bentuk atau designnya
  4. Bentuk dan ukuran sudah pasti, lebih ringan dan rapi
  5. Dengan Precast beton tidak perlu memakai begisting lagi
  6. Bisa di bentuk sesuai design yang kita inginkan

Untuk meningkatkan daya saing Indonesia dalam menghadapi kompetisi global, saat ini pemerintah tengah berupaya terus untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur yang salah satunya bergantung pada dukungan ketersediaan material dan peralatan konstruksi (MPK) yang juga harus semakin berkualitas, efektif, efisien, dan tepat waktu.

Disamping itu, teknologi precast juga memiliki beberapa keunggulan utama yaitu lebih terjamin kecepatan dan kontinuitas proses produksi beton. Sebagian besar bahan baku produk telah banyak tersedia di dalam negeri sehingga harga produk semakin kompetitif.

Sumber : https://www.ilmubeton.com/2018/05/teknologi-beton-pracetak-dukung.html

Bagikan: